Aku Rindu Turun Ke Jalan

Cilacap, DH – Pagi itu, aku sudah tiba di Jalan Asia Afrika Bandung saat kuda besi merahku diparkir di depan Masjid Agung Bandung. Pada pertengahan Juni 2013 lalu, kawasan itu sudah dijaga ketat Polisi dan TNI. Rupanya hari itu akan berlangsung pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2013-2018, AHR dan DMZ. Namun, cerita ini bukan tentang pelantikan Jabar 1 dan Jabar 2 tersebut.

Hari itu adalah salah satu hari yang bersejarah bagi Aliansi BEM SI Se-Jawa Barat. Karena saat pelantikan Jabar 1 dan Jabar 2, mereka berhasil menembus hingga Ring 1.

Untuk apa? Tentu untuk berorasi dan menyampaikan tuntutan yang sudah disepakati dalam rapat konsolidasi sebelumnya.

Hal ini kemudian menjadi awal pengalamanku turun ke jalan. Ya, aku ikut ditengah-tengah ledakan aksi yang bersamaan dengan iring-iringan Jabar 1 dan Jabar 2 menuju Gedung Konperensi Asia Afrika tempat pelantikan berlangsung.

Namun, bukanlah aku yang berorasi menggenggam TOA. Bukan aku yang mengibarkan bendera panji BEM. Akulah yang mengabadikan momen-momen yang berlangsung selama aksi itu.

Benar, aku berperan sebagai jurnalis yang meliput aksi yang diikuti 5 Perguruan Tinggi di Bandung itu. Aku bersenjatakan kamera, voice recorder dan notes yang semuanya terintegrasi dalam ponsel pintarku dulu.

Bagiku, ini kali kedua aku meliput aksi mahasiswa. Namun ini yang pertama dalam skala besar di Kota Bandung.

Bagiku, ini adalah kesempatan hebat. Ke-luarbiasaan-an yang hanya aku rasakan. Karena bagi mahasiswa lain, turun ke jalan adalah kegiatan yang sia-sia dan membuang waktu. Aku harus setuju dengan pernyataan itu, tapi aku memosisikan diri sebagai jurnalis. Praktis, aksi mahasiswa adalah “santapan” lezat para pencari berita.

image

image
Salah seorang peserta aksi yang dihadang Polisi saat hendak berorasi di pelantikan Jabar 1 dan Jabar 2 tahun 2013. Foto oleh: Donie Hulalata.

Dalam aksi yang berlangsung sekitar dua jam itu aku mengetahui pola pergerakan dan komunikasi para peserta aksi. Aku pun merasakan bagaimana rasanya dihadang barikade aparat.

image
Barikade Polisi menjaga aksi tidak berlanjut ke dalam lingkungan pelantikan. Foto oleh: Donie Hulalata

Membayangkan semangat aksi rekan-rekan mahasiswa, aku ikut gerah karena  “sasaran tembak” pun cuek. Ditambah protokol penjagaan yang sistematis membuat gelombang aksi mentah di ujung tombak.

Namun, ternyata keseruan memburu 5W+1H bagi jurnalis muda bagiku saat itu memberikan pengalaman yang meriah. Aku sampai lupa rasa lelah mengabadikan proses orasi mahasiswa yang hanya disaksikan polisi dan kamera kami, awak media.

image
Mahasiswa menyampaikan orasi dihadapan aparat. Foto oleh: Donie Hulalata

Inilah aksiku, turun ke jalan memburu berita. Sejak itu, aku yang masih bergelut di media kampus semakin bersemangat dalam memburu berita. Ilmu jurnalistik terus digali. Teknik membuat berita menjadi sesuatu yang layak dibaca oleh audien adalah tantangan. Hingga mendapat kritik menjadi hal yang menggembirakan. Karena ternyata tulisanku dibaca orang.

Sayangnya, aku sedikit kecewa. Berita yang aku tulis tentang aksi ini tidak dapat ditampilkan. Alasannya karena portal berita Students Tel-U News Portal mengalami transformasi yang membuat artikel berita harus dimigrasi ke server baru. Hanyalah foto di atas yang menjadi catatan kejadian saat itu.

Setahun kemudian, aku melanjutkan hasratku memburu berita. Dengan bergabung di Public Relations Tel-U. Di situlah aku semakin mengasah kemampuan mengolah berita. 11 bulan yang mengesankan, yang sudah aku tulis pada artikel berikut: Portofolioku.

Di tahun 2015 ini, mendengar aksi mahasiswa di Jakarta itu, mengulang kembali euforia yang aku rasakan di Bandung itu. Ingin rasanya turun ke jalan lagi, memburu berita dan menguak skenario besar yang ada di belakang mereka: mahasiswa turun ke jalan. Namun, aku pun hanya bisa merindukannya. (*)

Leave a Reply

