Berapa Kecepatan Rata-rata KA Purwojaya?

Bekasi, DH – Kereta api menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat dalam bepergian. Terutama masyarakat yang pergi ke luar kota dan memutuskan untuk menggunakan moda transportasi darat umum. Kereta dipilih karena keunggulan waktu tempuh yang relatif singkat dibandingkan angkutan umum darat yang lain.

Jika diambil contoh, jarak tempuh dari kota Cilacap menuju Bekasi berkisar 500 KM (perhitungan berdasarkan pencatatan trip melalui odometer, via Jalur Pantura). Hal ini kemudian dibandingkan dengan kendaraan yang dilalui, mobil, bus, dan kereta api. Dengan jarak tersebut, dan mempertimbangkan kondisi lalu lintas yang tentatif, jika menggunakan mobil dan bus, rata-rata waktu tempuh berkisar sembilan sampai sepuluh jam perjalanan. Sementara menggunakan kereta api (KA Purwojaya), waktu yang ditempuh berkisar 7 jam perjalanan.

Perbedaan waktu tersebut tentu dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya adalah situasi lalu lintas, spesifikasi kendaraan, dan faktor kecepatan kendaraan pun ikut berperan. Kecepatan kendaraan saat melaju menjadi penentu utama dalam hal waktu tempuh yang hendak dicapai. Bahkan dalam ilmu fisika, kecepatan dapat dihitung dengan membagi jarak tempuh dibagi waktu tempuh.

Kemudian pengamatan berlanjut pada saat menghitung kecepatan rata-rata kereta api. Kali ini penghitungan menggunakan aplikasi “Runtastic” yang didapat dari Play Store. Aplikasi ini notabenenya digunakan untuk pencatatan waktu olahraga lari dan bersepeda. Karena memiliki fitur Track history, jarak tempuh, waktu tempuh, hingga kecepatan rata-rata.

Berikut ini hasil dari pencatatan waktu saat pengamatan berlangsung di dalam Kereta Api Purwojaya jurusan Cilacap-Jakarta.

image
Hasil pencatatan kecepatan rata-rata KA Purwojaya menggunakan aplikasi Runtastic. Oleh: @doniehulalata

Dari angka yang terlihat, kecepatan rata-rata KA Purwojaya sekitar 85,8 Km/jam. Sebenarnya kecepatan ini hampir sama seperti mobil dan bus. Bahkan dua kendaraan tersebut dapat melaju dengan rata-rata kecepatan 90-100 Km/jam.

Dengan demikian, berdasarkan pengamatan yang dilakukan, hal yang membuat waktu tempuh kereta lebih cepat dari mobil dan bus bukan pada kecepatan. Hal yang mempengaruhinya adalah faktor situasi lalu lintas. Karena kereta memiliki jalurnya sendiri yang tidak sama dengan mobil dan bus yang berjalan di jalan aspal.

Selain itu, mobil dan bus juga memiliki lampu lalu lintas. Bahkan kadang-kadang dua kendaraan ini harus mengalah saat bertemu pintu perlintasan kereta api.

Terlebih lagi, jika menggunakan mobil dan bus, seringkali pengemudi akan berhenti untuk beristirahat atau mengisi ulang bahan bakar. Sementara kereta (terutama kereta kelas eksekutif seperti KA Purwojaya), sangat jarang berhenti untuk waktu yang lama di stasiun kota yang dilewati sepanjang rute perjalanan.

Maka dari itu, tepat rasanya jika orang ingin bepergian ke luar kota dengan suasana yang santai, kereta api menjadi pilihan yang dirasa tepat. Hal ini didukung dengan fasilitas di dalam kereta yang nyaman, kemudahan membeli tiket, hingga terjangkaunya harga tiket kereta dibandingkan transportasi umum darat yang lainnya. (Baca juga: Tulisan berikut). (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s