Tiket Murah di Kelas Mewah

Cirebon, DH – Siapa tidak tahu kereta? Moda transportasi yang sudah ada sejak jaman Belanda ini menjadi salah satu pilihan masyarakat saat berpergian ke luar kota. Khususnya di Pulau Jawa, Ada banyak kereta yang melayani rute dari berbagai kota. Ada banyaknya rute kereta tersebut rupanya menjadi pilihan masyarakat untuk menggunakan kereta yang unggul dalam hal waktu tempuh bagi moda trasnportasi darar.

Agar dapat bepergian menggunakan kereta, calon penumpang harus memiliki tiket yang dapat dibeli melalui loket di stasiun, agen perjalanan, mini market bahkan melalui aplikasi di ponsel pintar.

Tiket kereta kemudian dibagi ke dalam tiga kelas, eksekutif, bisnis dan ekonomi. Para calon penumpang kemudian dapat memilih hendak menggunakan kereta apa dan kelasnya sesuai keinginan.

Hal tersebut juga dapat dilakukan oleh warga Kota Cilacap. Sebagai kota Industri di ujung Selatan Pulau Jawa, Cilacap memiliki kereta yang melayani rute Cilacap – Jakarta. Kerata Api Purwojaya (KA Purwojaya) sudah lebih dari 10 tahun melayani rute Cilacap – Jakarta tersebut.

image
Suasana gerbong 5 kelas eksekutif di KA Purwojaya jurusan Cilacap - Jakarta. Fotoh @doniehulalata

Hal menarik pada tahun 2015 ini, KA Purwojaya mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Sebelumnya KA Purwojaya berangkat dari Stasiun Cilacap pada pukul 18.15 WIB. Setelah mengalami perubahan, KA Purwojaya kini berangkat pada pukul 14.30 WIB dari stasiun Cilacap.

Pada hari pertama perubahan jadwal KA Purwojaya, yang jatuh pada hari Rabu (01/04), Saya berkesempatan melakukan perjalanan menggunakan kereta ini.

Selama pengamatan, tidak ada yang berubah dari pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan dalam kereta yang memiliki kelas eksekutif dan bisnis ini. Mulai dari fasilitas makan restoran a la Kereta Api, Gerbong yang nyaman berpendingin ruangan, dan kursi tipe captain seat 2-2.

Kemudian pengamatan saya melihat hal unik yang mungkin langka terjadi. Pada keberangkatan perdana dengan jadwal yang baru ini, KA Purwojaya membawa penumpang yang tidak banyak. Hal ini membuat kursi di kelas eksekutif itu terlihat lengang. Benar seperti namanya, “Eksekutif”.

Namun kemudian, hal yang unik selanjutnya adalah tiket yang saya dapatkan di kelas eksekutif ini ternyata adalah promosi dari Manajemen PT Kereta Api Persero. Informasi yang didapat dari Aplikasi KAI akses, harga tiket KA Purwojaya di kelas eksekutif tertinggi mencapai harga Rp 300
000. Sementara saya mendapatkan tiket ini dengan harga Rp 149.000.

Harga tersebut kemudian masih mendapatkan potongan harga menjadi Rp 141.500. Promosi ini rupanya hanya berlangsung selama bulan Maret- April 2015. Hal itu seperti yang tertulis pada spanduk yang ada di Stasiun Cilacap.

Bagi beberapa orang, pengalaman unik dan langka seperti ini mungkin akan jarang ditemui. Naik kereta dengan penumpang KA Purwojaya yang tidak ramai, sehingga menyebabkan kursi penumpang yang lowong, yang kemudian semakin mendukung penamaan “Eksekutif”. Selain itu yang tidak kalah menarik, adalah menaiki kereta api dengan tiket kelas bisnis namun di gerbong kelas eksekutif berikut dengan fasilitasnya. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s