Emergency Call POLRI 110: Gunakan Saat Keadaan Darurat

Cilacap, DH – Pernah dong pastinya nonton Film Hollywood bertema action yang melibatkan kepolisian? Sebut saja SWAT, film yang mengusung cerita kepiawaian tim taktis milik kepolisian Amerika ini juga memperlihatkan bagaimana warga Amerika menghubungi Polisi saat mengetahui ataupun mengalami keadaan darurat. Tentunya dengan menghubungi Emergency Call 911.

Jika 911 -yang juga dikaitkan dengan konspirasi peristiwa 9-11- digunakan untuk menghubungi kepolisian di Amerika, lalu apakah Indonesia juga punya hal demikian? Ya, tentu punya. Namun bukan 911 melainkan 110. 

Emergency call 110 adalah fitur panggil cepat yang dimiliki oleh Kepolisian Indonesia. Informasi ini sebenarnya sudah dirilis sejak 2009 hingga 2010. Kemudian digunakan sampai saat ini. Hal ini dimaksudkan agar pada suatu saat ada seseorang -yang pasti penduduk dan warga negara Indonesia- yang mengetahui, melihat, bahkan mengalami suatu peristiwa darurat diantaranya kecelakaan, pembunuhan, pencurian, perampokan, dan lain-lain, dapat langsung menghubungi 110.

Hal ini sangat penting, karena menurut saya, karakter dan sifat orang Indonesia yang begitu peduli dengan sesama manusia, berimplikasi negatif saat diperlakukan kepada korban keadaan darurat. Sebut saja saat terjadi sebuah kecelakaan di jalan raya. Memang benar -pada satu kasus- korban kecelakaan masih menunjukkan tanda-tanda vital. Namun dengan kepedulian yang disebutkan tadi, warga sekitar lantas membopong sang korban dari TKP menuju tempat aman atau bahkan langsung membawa korban menuju Rumah Sakit terdekat. Asumsi saya, beberapa warga baru menghubungi polisi ketika -bayangkan saja- pelaku tabrakan yang lainnya sudah dihakimi menjadi ‘terduga’ tersangka. Tanpa menghubungi 110 terlebih dahulu.

Bagi saya jika hal ini yang dilakukan, Polisi akan susah mengidentifikasi atau melakukan olah TKP. Itu karena kondisi TKP tidak lengkap. Dalam bahasa yang dikutip dari film serial “CSI” di Channel FOXCrime, istilah ini adalah mencemari dan merusak TKP.

Maka dari itu, dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang aman dan damai, mari sama-sama kita membantu Polisi dalam hal melaporkan kejadian darurat. Dengan cara yang mudah yaitu menghubungi 110. Tujuannya agar seluruh proses ini ditangani oleh pihak yang berwajib dan berwenang, yaitu Polisi.

Semoga bermanfaat. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s