Integritas Dalam Sebuah Portofolio

Cilacap, DH – Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada Hari Kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang 5 (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan kemana dia keluarkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya“. (HR. At-Tirmizi)
Sumber.

Hadits rasul itu kemudian mengingatkan saya kepada masa-masa indah sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom Bandung (d.h 2010 bernama Institut Manajemen Telkom). Rupanya empat tahun kuliah membangkitkan semangat yang membara bagi perantauan seperti saya. Saya tidak turun ke jalan, tapi saya salurkan energi positif jiwa muda saya itu kepada hal-hal bermanfaat seperti organisasi, kepanitiaan, hingga bekerja.

Ketertarikan kepada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membentuk karakter visioner terutama dalam setiap kegiatan saya selama kuliah. Dinamika akses informasi yang saya alami semasa kuliah menjadi tantangan unik yang membuat saya terjun di Media Kampus berbasis twitter @InfoIMTelkom pada 2010. Rasa senang dan bahagia saya rasakan saat berbagi informasi kepada rekan-rekan lain yang membutuhkan, bahkan saya tidak mengenalnya.

Seiring sikap positif yang saya lakukan, pintu menuju dunia lebih luas terbuka lebar. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kementerian KOMINFO (2011-2013), Kepala Divisi Public Relations di berbagai kepanitiaan (2012-2013), hingga menjadi Chief Executive Officer (CEO) Students News Portal (2012-2013) melengkapi perjalanan saya di masa muda semasa kuliah.

Situs Students News Portal yang 'dibajak' selama satu hari saat CEO -nya Wisuda tanggal 28 November 2014.
Situs Students News Portal yang ‘dibajak’ selama satu hari saat CEO -nya Wisuda tanggal 28 November 2014. Foto oleh: Donie Hulalata
Saat menjadi Direktur Jendral Media Informasi Kementerian KOMINFO BEM IM Telkom 2011-2013.
Saat menjadi Direktur Jendral Media Informasi Kementerian KOMINFO BEM IM Telkom 2011-2013. Foto oleh: Donie Hulalata

Hal demikian saya lakukan sampai pada saatnya fase tingkat akhir yang menggiring saya menyusun skripsi sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi. Kisah ini saya bagikan dalam tulisan yang berjudul Sepenggal Jurnal Skripsi: Sebuah Amal Jariyah.

Namun ada hal yang mengiringi proses penyusunan skripsi tersebut. Dan hal itu membentuk karakter percaya diri dalam diri saya. Selama satu tahun pada 2014, saya bekerja di kampus dengan status magang. Dimulai dari unit Sekretaris Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom (Sekpim FEB Tel-U) selama tiga bulan, kemudian saya pindah ke unit Public Relations Universitas Telkom (PR Tel-U) selama tujuh bulan.

“Apa yang dapat saya berikan untuk almamater ini sebelum pergi meninggalkannya” adalah alasan idealis yang saya gunakan ketika memutuskan untuk bekerja di kampus. Hingga pada prosesnya selama tujuh bulan kerja magang itu saya berhasil mewujudkannya.

Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, saya mengakui memiliki ktertarikan terhadap menulis. Maka saat bekerja pun responsibility yang diberikan kepada saya tidak jauh dari disiplin ilmu yang saya miliki juga ketertarikan yang saya gemari. Baik di Sekpim FEB Tel-U maupun PR Tel-U, saya kedapatan menulis berita dalam rangka pembentukan citra baik bagi unit maupun Telkom University secara umum.

Seluruh tulisan saya dapat dilihat di situs resmi Telkom University, http://telkomuniversity.ac.id dengan inisial “Purel/DH” yang menunjukkan identitas saya. Namun di bawah ini adalah screenshot judul berita yang saya buat.

Dari keseluruhan berita yang saya buat, ada satu berita yang menarik bagi saya khususnya. Berita dengan judul “Siapkan Fisik dan Mental Panitia OMB, Telkom University Gandeng TNI” – Portfolio – Berita Web Telkom University – FB Share 2000++ , ini mendapat angka shares lebih dari 2000 shares di Facebook. Seluruh berita yang saya tulis biasanya mendapatkan perolehan shares sebanyak 100-500 tiap berita. Maka dari itu, bagi saya ini adalah hal yang menarik sekaligus membanggakan.

Foto berita pada artikel berita yang mendapat Facebook Share lebih dari 2000.
Foto berita pada artikel berita yang mendapat Facebook Share lebih dari 2000. Foto oleh: Donie Hulalata

Selain menulis, tujuh bulan magang di PR Tel-U tantangan saya semakin bertambah. Pada bulan Juni sampai dengan Agustus, saya terlibat dalam Program Kerja Penulisan Buku “1 Tahun Telkom University Masterpiece Untuk Bangsa”. Pada saat itu, saya tergabung dalam tim sebagai periset data dan juga fotografer. Ya, soft skill dan hard skill yang saya timba sejak tahun pertama itu, kemudian diujicobakan pada saat penulisan buku tersebut.

Pengalaman yang menarik saat proses pengumpulan data itu adalah ketika saya bertemu dengan pendahulu-pendahulu Telkom University (Tel-U adalah penggabungan empat institusi di bawah Telkom Foundation, lihat: Sejarah Telkom University). Saat mewawancarai mereka, saya merasa kagum dengan apa yang mereka lakukan pada saat itu, sehingga saat ini Telkom University menjadi sebesar sekarang dan akan terus berkembang.

Hal menarik lainnya adalah ketika mewawancarai beberapa alumni Telkom University yang saat ini sudah menjadi direksi di satu perusahaan BUMN besar di Indonesia. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang -kecuali tamu penting dan sesama direksi- dapat bertemu langsung dengan direksi, namun momen saat itu adalah hal yang patut saya syukuri.

Peristiwa di atas adalah beberapa yang menarik selama proses penyusunan buku yang dibuat dalam rangka ulang tahun pertama Telkom University. Hingga pada akhirnya, tanggal 16 Agustus 2014 bertepatan dengan Wisuda Periode Agustus 2014 Tel-U, Buku “1 Tahun Telkom University Masterpiece Untuk Bangsa” dirilis oleh Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D.

Saya dan tim purel yang terlibat dalam penyusunan buku itu tentu merasa bangga dan lega bahwa usaha yang kami lakukan berjalan lancar dari awal hingga akhir. Dinamika yang terjadi selama proses penyusunan menjadi sebuah pelajaran tersendiri bagi saya saat itu, mahasiswa tingkat akhir yang sedang magang di PR Tel-U. Sekaligus juga mewujudkan idealisme yang saya terapkan dari awal, “Apa yang saya dapat berikan untuk almamater sebelum lulus”. Dan jawabannya adalah buku ini.

Buku 1 Tahun Telkom University Masterpiece Untuk Bangsa setebal 173 halaman yang menjadi salah satu portofolio selama magang di PR Tel-U.
Buku 1 Tahun Telkom University Masterpiece Untuk Bangsa setebal 173 halaman yang menjadi salah satu portofolio selama magang di PR Tel-U. Foto oleh: Donie Hulalata

Tiga bulan sesudahnya, saya masih memburu dan menulis berita, membantu kegiatan di PR Tel-U, mengisi kegiatan pameran atas nama Tel-U, dan bercengkrama dengan teman-teman di PR dan Sekretaris Pimpinan Tel-U. Hingga pada bulan November 2014, saya menyudahi kisah perjalanan kerja magang di PR Tel-U dengan indah. Hal ini bertepatan dengan Wisuda saya pada tanggal 28 November 2014, yang membuat saya kemudian memutuskan untuk kembali pulang ke rumah menemani orang tua sambil menyiapkan diri untuk mewujudkan mimpi di tempat kerja yang baru nanti. Insyaallah.

Momen unik yang tertangkap kamera, saya dan Prof. Ashari berjabat tangan a la TNI "Salam Komando!". Foto oleh: @nandonurhadi
Momen unik yang tertangkap kamera saat Wisuda November 2014, saya dan Prof. Ashari berjabat tangan a la TNI “Salam Komando!”. Foto oleh: @nandonurhadi

Demikian sekelumit kisah saya selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom Bandung. Harapannya adalah langkah saya tidak berhenti sampai di situ, dan ini menjadi pengalaman berharga yang saya dokumentasikan menjadi sebuah portofolio bagi saya sendiri, orang-orang yang ingin bekerja sama dengan saya, dan insyaallah menjadi catatan kebaikan saya selama di dunia, mengacu pada hadits yang saya sebutkan di atas. (*)

One thought on “Integritas Dalam Sebuah Portofolio

Leave a Reply

