Abstrak Skripsi Telaah Kepemimpinan Melalui Semiotika Peircean dalam Film Captain Phillips

TELAAH KEPEMIMPINAN MELALUI SEMIOTIKA PEIRCEAN DALAM FILM CAPTAIN PHILLIPS KARYA PAUL GREENGRASS TAHUN 2013

PEIRCEAN SEMIOTICS STUDY of LEADERSHIP THROUGH THE CAPTAIN PHILLIPS MOVIE by PAUL GREENGRASS 2013

Rahmaddhony P.F. Hulalata1

1Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

1doniehulalata@gmail.com


 

Abstrak

Film Amerika seringkali mengangkat isu kepemimpinan dan kepahlawanan dalam isi ceritanya. Diantaranya Captain America, Battleship, Battle Los Angeles, Black Hawk Down, Batman, Superman, Kennedy, S.W.A.T, Seal Team Eight, dan Captain Phillips. Beberapa diantara film tersebut diadaptasi dari kisah atau peristiwa yang terjadi sebenarnya di kehidupan nyata. Seperti film Captain Phillips yang menceritakan kepemimpinan seorang nahkoda kapal kargo milik Amerika yang dihadang oleh kelompok bajak laut Somalia. Mereka bertemu dengan kelompok bajak laut ini ketika melintasi perairan Somalia dalam perjalanan menuju Mombassa. Richard Phillips sebagai kapten kapal, berhasil menyelamatkan para kru dan kargo dari serangan bajak laut Somalia. Hal tersebut menarik untuk diangkat ke dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tanda-tanda kepemimpinan yang ada pada tokoh Richard Phillips. Kemudian timbul pertanyaan bagaimana semiotika memandang kepemimpinan Richard Phillips sebagai kapten kapal? Melalui semiotika, tanda-tanda yang ada di dalam film dapat dianalisa. Hal ini karena film dibangun dengan banyak tanda. Durasi film cerita berkisar antara 100 menit sampai dengan 150 menit, sehingga untuk menciptakan refleksi realita yang terjadi di kehidupan nyata maka digunakan beragam tanda tanda Peircean yang ditemukan dalam scene film mendukung pembentukan karakter untuk membangun realita yang terjadi dalam film. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang terdiri dari ikon, indeks, dan simbol. Kemudian didukung oleh teori komunikasi massa, teori kepemimpinan dan teori semiotika Peirce agar penelitian ini memiliki landasan berpikir teoritis. Dengan demikian penelitian ini telah menemukan pemahaman mengenai kepemimpinan yang tergambar pada tokoh Richard Phillips. Kepemimpinan yang terlihat dalam hubungan antara keluarga dan hubungan antara pekerja di dalam lingkungan pekerjaan Richard Phillips sebagai kapten kapal.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Semiotika, Film


 

Abstract

American film often raised the issue of leadership and heroism in its script. Such as Captain America, Battleship, Battle Los Angeles, Black Hawk Down, Batman, Superman, Kennedy, S.W.A.T, Seal Team Eight, and Captain Phillips. Some of them adopted from the real story. Like Captain Phillips which tells about the leadership of American cargo ship captain who intercepted by the Somali pirates. They met the Somali pirates when across the Somali ocean to Mombasa. Richard Phillips as captain managed to save his crews and the ship from the Somali pirates attack. It is interesting to be researched. The research aims to know the leadership signs in the Richard Phillips figure. Then, the question is how semiotic view Richard Phillips leadership as a captain? By semiotic, the sign in film can be studied. It is because film constructed by many signs. Film duration along 100 minutes until 150 minutes, to create reality reflection in real life it is use many sign to construct a reality in film. Then, this research use Charles Sanders Peirce semiotics analytic method, consist of icon, index, and symbol. It is supported by mass communication theory, leadership theory, and Peirce semiotics theory in order that the research has its theoretical cornerstone. However, the research finds out about the understanding of leadership described by Richard Phillips figure. The leadership which seen on the relationship between family and the relationship between employees in his work environment as The Captain. Peircean signs found on the scenes support the leader character building in Richard Phillips figure.

Words Order: Leadership, Semiotics, Film

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s