Ayo Menulis (Skripsi)

Bandung – “Udah sampai Bab berapa skripsinya?”. Pertanyaan yang kerap menghantui para pejuang tugas akhir saat kebisuan menghiasi halaman demi halaman laporan penelitian. Ada tangis, canda, hingga gila yang muncul atas reaksi bisu semunya semangat tanpa gelora.

Melankolinisti -sebutan gue untuk orang-orang melankolis- biasanya menumpahkan emosi dengan jalan-jalan gaya hedonis mengunjungi tempat singgah pembeli bertemu penjual. Menghirup asa lewat lembaran merah dan biru yang tidak lagi terhitung. Memuat amunisi di restoran menengah yang mungkin hanya satu bulan satu kali dapat disyukuri nikmatnya.

Si kutu buku tetap saja menjamah serdadu kata dari barisan di tiap halaman kusam buku-buku tua. Ia menelaah kisah-kisah historis dari lahirnya teori secara ideologis. Mungkin ia asyik beronani dalam intelektualnya.

Lalu, dimana aku saat setiap karakter mempersiapkan dirinya sendiri? Melankolinisti bukan, apalagi terlalu besar menjadi kutu buku. Aku siapa dalam karakter imaji yang aku ciptakan.

Maka, satu demi satu mereka abadikan kebahagiaan yang didapat dari sebuah ruang sidang. Salam dan semangat mengalir deras dari sejawat yang terharu bahagia. Hingga aku sadarkan diri bahwa masih ada kewajiban yang harus dituntaskan.

Ijinkan aku bertitah, sekiranya untuk diriku sendiri. Maka aku bertitah, teruskan saja perlihatkan itu. Aku sedang mengejar meski terkapar. Aku tetap mengejar meski terasa lapar. Dan, aku berhasil mengejar saat aku berpikir “Maka, aku bisa!”

— edisi menulis skripsi yang stuck. Karena stuck adalah hal yang wajar bagi setiap pejuang skripsi. #AyoMenulisSkripsi

Leave a Reply

